tanjung kamal
POWERPOINT
Microsoft PowerPoint merupakan software produk Microsoft® yang dikhususkan
untuk pembangunan atau pembuatan slide untuk presentasi. Microsoft PowerPoint
memiliki beberapa alat bantu (tools) yang membantu perancang slide untuk
mendesain slide sehingga tampil lebih menarik dan mudah dikendalikan saat
melakukan presentasi.
Sebelum kita mengenal PowerPoint, kita buka dulu software Microsoft PowerPoint. Untuk membukanya, klik tombol Start - All Program - Microsoft Office - Microsoft PowerPoint
Sebelum kita mengenal PowerPoint, kita buka dulu software Microsoft PowerPoint. Untuk membukanya, klik tombol Start - All Program - Microsoft Office - Microsoft PowerPoint
POWERPOINT
A. MENGIDENTIFIKASI
MAMFAAT PROGRAM PRESENTASI
Dalam dunia bisnis para pengusaha sering dihadapkan pada promosi, menjual produk, tender proyek dan sebagainya. Dalam menyampaikan semua tujuan yang akan dicapai salah satunya dengan cara mempresentasikan di depan publik sehingga pembeli, pemilik proyek tertarik dan menjatuhkan pilihan pada produk atau perusahaan yang dipromosikan.
Sebelumnya sudah banyak dikenal beberapa alat presentasi, seperti poster, OHP, dan slide proyekto. Dalam perkembangan tehnologi komputer juga menyediakan suatu program yang dikususkan untuk presentasi. Program untuk pembuatan presentasi saat ini sudah berkembang sedemikian rupa sehingga pemakai komputer mempunyai banyak pilihan.
Salah satu program yang mudah digunakan untuk membuat presentasi adalah Micrrossoft PowerPoint. Program ini menjadi menjadi satu produk dengan Microssoft Word, Microssoft Excel. Microssoft PowerPoint atau biasa disebut PowerPoint merupakan salah satu produk pada program under windows yang terdiri dari : Word, Excell dan PowerPoint.. Sebagai program yang terkemas dalam satu paket, maka ketiga program ini mempunyai menu dan operasi yang hampir sama, sehingga dengan menguasai salah satunya maka yang lain akan tidak terlalu sulit.
PowerPoint merupakan program yang dikhusukan untuk membuat presentasi. Kemudahan operasional (user Frendly) membuat program ini menjadi populer walaupun banyak program presentasi yang lain.
Untuk mengaktifkan program ini ikuti langkah berikut :
1. Klik start
2. Klik program
3. Pilih microssoft office XP
4. Pilih Microssoft PowerPoint
Setelah aktif maka akan muncul jendela powerpoint
Dalam Microssoft powerpoint terdapat beberapa bagian lembar presentasi, yaitu menu tools, slide sorter dan slide view, lembar presentasi, task pane. menu dan tools merupakan ikon – ikon untuk mengoperasikan lembar presentasi. Slide sorter adalah suatu tampilan untuk setiap lembar presentasi, Slide view untuk mengatur tampilan dan slide sorter untuk menjalankan slide. Lembar presentasi merupakan daerah yang digunakan untuk membuat presentasi, sedangkan Taskpane merupakan langkah – langkah lanjutan dari beberapa perintah menu.
B. MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU, TOOLS DAN IKON
Seperti halnya menu – menu lain dalam microssoft, menu pada powerpoint merupakan kumpulan perintah semua sisitem operasi. Menu dalam powerpoint terdiri atas tiga macam, yaitu menu pokok, menu cascading dan menu pop up. Menu pokok merupakan menu standar semua program komputer. Ada 9 menu pokok meliputi: File, Edit, View, Insert, format, tools, slide show, windows dan help. Dalam menu menu itu jika di klik terdapat menu lanjutan atau sub menu atau menu puldown
Menu file berfungsi untuk membuka lembar presentasi yang baru, membuka yang telah atau pernah dibuat, menutup, menyimpan, mengatur lembar presentasi, mencetak, dan sebagainya.
Menu edit secara umum digunakan untuk mengedit dan memperbaiki lembar presentasi, seperti membatalkan perintah, memotong, menduplikasi lembar presentasi, menghapus slide dan sebagainya.
Menu View digunakan untuk mengatur tampilan lembar presentasi dan menjalankan lembar presentasi
Menu insert digunakan untuk menyisipkan sesuatu pada lembar presentasi .
Menu format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan teks, spasi dan latar belakang slide
Menu tools digunakan untuk memperbaiki ejaan
Menu slide show digunakan untuk menjalankan slide, membuat animasi dan mengatur jalannya slide
Menu window digunakan untuk mengatur beberapa lembar presentasi sekaligus di layar
Menu Help digunakan untuk mencari bantuan operasional meliputi: Microssoft Powerpoint help, show the office assistan dan lain – lain
C. MENU TOOLS
Ada tiga macam tools menu yang akan di bahas yaitu :
Tools menu standard merupakan tools menu yang digunakan untuk operasional vital, seperti membuka lembar presentasi, menyimpan, menggandakan dan sebagainya
Tools menu formating digunakan untuk memformat jenis font dan ukurannya.
Tools menu standar merupakan icon drawing , jika icon ini diklik maka akan muncul menu drawing.
Dan cari informasi melalui buku powerpoint.
MEMBUAT PRESENTASI
Dalam membuat presentasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu : sederhana, menarik dan jelas. Sederhana dalam arti slide hanya memuat hal – hal pokok dan tidak perlu menuliskan secara mendetail, karena audiens diharapkan masih mendengarkan penjelasan sambil menikmati tampilan slide dan tidak asyik sibuk membaca dan mencatat isi slide.
Hal kedua, yaitu menarik artinya slide harus di desain sedemikian rupa sehingga menarik untuk dinikmati. Dalam hal ini tidak dianjurkan membuat slide dengan banyak warna dan gambar, sebab dengan bayak gambar dapat mengganggu isi slide yang sebenarnya.
Prinsip yang ketiga, yaitu jelas maksud dari slide dapat dilihat dengan jelas oleh semua peserta atau audiens presentasi, sehingga mereka tidak terganggu dengan tulisan – tul;isan yang kabur, terlalu banyak, dan sebagainya. Biasanya slide, yang baik memiliki jumlah kata dalam baris tidak lebih dari 10 kata dan 7 baris, lebih dai itu maka tulisan menjadi tidak jelas.
Setelah mengetahui prinsip – prinsip dasar pembuatan slide, selanjutnya akan dijelaskan cara membuat slide dan menerapkan prinsip – prinsip tersebut ke dalam lembar presentasi. Ada beberapa cara untuk membuat lembar presentasi, salah satunya menggunakan template. Template digunakan untuk membuat lembar presentasi sesuai dengan selera pembuat dan juga dapat menggunakan pola yang sudah disiapkan komputer, yaitu Auto Content Wizard.
1. TEMPLATE
Membuat lembar presentasi dengan template merupakan cara membuat lembar presentasi dengan latar belakang dan format yang disediakan oleh Powerpoint. untuklangkah – langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
1. Klik menu file
2. Pilih dan klik New,m maka akan muncul Task Pane
3. Pilih From Design Template pada task pane, maka akan muncul beberapa pilihan latar belakang.
4. Pilih salah satu latar belakang yng Anda inginkan
Ada beberapa pilihan penggunaan yaitu :
a. Aplly to all slides, untuk memberi latar belakang gambar yang dipilih pada
semua slide
b. Aplply to selected slide, untuk memberi latar belakang pada halaman slide
yang aktif
c. Show Large Previews, untuk menampilkan contoh latar slide tampil lebih
besar
Untuk mengisi slide caranya Klik pada daerah border (garis putus – putus). Untuk lebih jelasnya ikuti lanjutan perintah berikut ini :
5. Pilih aplly to all slide
6. Klik pada place holder (click to add title) dan ketik TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI)
7. Klik pada click to add subtitle dan ketik KELAS XII SMA.
Sekarang kita sudah memiliki slide
Jika kita sudah membuat slide maka untuk membuat slide halaman berikutnya langkah – langkahnya adalah :
8. Klik menu insert
9. Pilih dan klik New Slide
Lakukan langkah 8 dan 9 beberapa kali sehingga muncul beberapa slide baru di bawahnya. Setelah itu, lanjutkan ke langkah 10 untuk mengatur jenis tampilan, apakah ingin menggunakan bullet, gambar dan sebagainya.
10. Pilih dan klik salah satu tampilan yang diinginkan pada task pane
11. Ketik isinya.
Setelah selesai, simpan lembaran – lembaran slide presentasi dengan nama Presentasi-1, caranya :
12. Klik menu file
13. Pilih dan klik save
14. Ketik presentasi-1
15. Klik save
Pada title bar nama file menjadi Presentasi-1
Menu dan ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai fungsi dari setiap menu
Dalam dunia bisnis para pengusaha sering dihadapkan pada promosi, menjual produk, tender proyek dan sebagainya. Dalam menyampaikan semua tujuan yang akan dicapai salah satunya dengan cara mempresentasikan di depan publik sehingga pembeli, pemilik proyek tertarik dan menjatuhkan pilihan pada produk atau perusahaan yang dipromosikan.
Sebelumnya sudah banyak dikenal beberapa alat presentasi, seperti poster, OHP, dan slide proyekto. Dalam perkembangan tehnologi komputer juga menyediakan suatu program yang dikususkan untuk presentasi. Program untuk pembuatan presentasi saat ini sudah berkembang sedemikian rupa sehingga pemakai komputer mempunyai banyak pilihan.
Salah satu program yang mudah digunakan untuk membuat presentasi adalah Micrrossoft PowerPoint. Program ini menjadi menjadi satu produk dengan Microssoft Word, Microssoft Excel. Microssoft PowerPoint atau biasa disebut PowerPoint merupakan salah satu produk pada program under windows yang terdiri dari : Word, Excell dan PowerPoint.. Sebagai program yang terkemas dalam satu paket, maka ketiga program ini mempunyai menu dan operasi yang hampir sama, sehingga dengan menguasai salah satunya maka yang lain akan tidak terlalu sulit.
PowerPoint merupakan program yang dikhusukan untuk membuat presentasi. Kemudahan operasional (user Frendly) membuat program ini menjadi populer walaupun banyak program presentasi yang lain.
Untuk mengaktifkan program ini ikuti langkah berikut :
1. Klik start
2. Klik program
3. Pilih microssoft office XP
4. Pilih Microssoft PowerPoint
Setelah aktif maka akan muncul jendela powerpoint
Dalam Microssoft powerpoint terdapat beberapa bagian lembar presentasi, yaitu menu tools, slide sorter dan slide view, lembar presentasi, task pane. menu dan tools merupakan ikon – ikon untuk mengoperasikan lembar presentasi. Slide sorter adalah suatu tampilan untuk setiap lembar presentasi, Slide view untuk mengatur tampilan dan slide sorter untuk menjalankan slide. Lembar presentasi merupakan daerah yang digunakan untuk membuat presentasi, sedangkan Taskpane merupakan langkah – langkah lanjutan dari beberapa perintah menu.
B. MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU, TOOLS DAN IKON
Seperti halnya menu – menu lain dalam microssoft, menu pada powerpoint merupakan kumpulan perintah semua sisitem operasi. Menu dalam powerpoint terdiri atas tiga macam, yaitu menu pokok, menu cascading dan menu pop up. Menu pokok merupakan menu standar semua program komputer. Ada 9 menu pokok meliputi: File, Edit, View, Insert, format, tools, slide show, windows dan help. Dalam menu menu itu jika di klik terdapat menu lanjutan atau sub menu atau menu puldown
Menu file berfungsi untuk membuka lembar presentasi yang baru, membuka yang telah atau pernah dibuat, menutup, menyimpan, mengatur lembar presentasi, mencetak, dan sebagainya.
Menu edit secara umum digunakan untuk mengedit dan memperbaiki lembar presentasi, seperti membatalkan perintah, memotong, menduplikasi lembar presentasi, menghapus slide dan sebagainya.
Menu View digunakan untuk mengatur tampilan lembar presentasi dan menjalankan lembar presentasi
Menu insert digunakan untuk menyisipkan sesuatu pada lembar presentasi .
Menu format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur tampilan teks, spasi dan latar belakang slide
Menu tools digunakan untuk memperbaiki ejaan
Menu slide show digunakan untuk menjalankan slide, membuat animasi dan mengatur jalannya slide
Menu window digunakan untuk mengatur beberapa lembar presentasi sekaligus di layar
Menu Help digunakan untuk mencari bantuan operasional meliputi: Microssoft Powerpoint help, show the office assistan dan lain – lain
C. MENU TOOLS
Ada tiga macam tools menu yang akan di bahas yaitu :
Tools menu standard merupakan tools menu yang digunakan untuk operasional vital, seperti membuka lembar presentasi, menyimpan, menggandakan dan sebagainya
Tools menu formating digunakan untuk memformat jenis font dan ukurannya.
Tools menu standar merupakan icon drawing , jika icon ini diklik maka akan muncul menu drawing.
Dan cari informasi melalui buku powerpoint.
MEMBUAT PRESENTASI
Dalam membuat presentasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu : sederhana, menarik dan jelas. Sederhana dalam arti slide hanya memuat hal – hal pokok dan tidak perlu menuliskan secara mendetail, karena audiens diharapkan masih mendengarkan penjelasan sambil menikmati tampilan slide dan tidak asyik sibuk membaca dan mencatat isi slide.
Hal kedua, yaitu menarik artinya slide harus di desain sedemikian rupa sehingga menarik untuk dinikmati. Dalam hal ini tidak dianjurkan membuat slide dengan banyak warna dan gambar, sebab dengan bayak gambar dapat mengganggu isi slide yang sebenarnya.
Prinsip yang ketiga, yaitu jelas maksud dari slide dapat dilihat dengan jelas oleh semua peserta atau audiens presentasi, sehingga mereka tidak terganggu dengan tulisan – tul;isan yang kabur, terlalu banyak, dan sebagainya. Biasanya slide, yang baik memiliki jumlah kata dalam baris tidak lebih dari 10 kata dan 7 baris, lebih dai itu maka tulisan menjadi tidak jelas.
Setelah mengetahui prinsip – prinsip dasar pembuatan slide, selanjutnya akan dijelaskan cara membuat slide dan menerapkan prinsip – prinsip tersebut ke dalam lembar presentasi. Ada beberapa cara untuk membuat lembar presentasi, salah satunya menggunakan template. Template digunakan untuk membuat lembar presentasi sesuai dengan selera pembuat dan juga dapat menggunakan pola yang sudah disiapkan komputer, yaitu Auto Content Wizard.
1. TEMPLATE
Membuat lembar presentasi dengan template merupakan cara membuat lembar presentasi dengan latar belakang dan format yang disediakan oleh Powerpoint. untuklangkah – langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
1. Klik menu file
2. Pilih dan klik New,m maka akan muncul Task Pane
3. Pilih From Design Template pada task pane, maka akan muncul beberapa pilihan latar belakang.
4. Pilih salah satu latar belakang yng Anda inginkan
Ada beberapa pilihan penggunaan yaitu :
a. Aplly to all slides, untuk memberi latar belakang gambar yang dipilih pada
semua slide
b. Aplply to selected slide, untuk memberi latar belakang pada halaman slide
yang aktif
c. Show Large Previews, untuk menampilkan contoh latar slide tampil lebih
besar
Untuk mengisi slide caranya Klik pada daerah border (garis putus – putus). Untuk lebih jelasnya ikuti lanjutan perintah berikut ini :
5. Pilih aplly to all slide
6. Klik pada place holder (click to add title) dan ketik TEKNOLOGI INFORMASI
DAN KOMUNIKASI)
7. Klik pada click to add subtitle dan ketik KELAS XII SMA.
Sekarang kita sudah memiliki slide
Jika kita sudah membuat slide maka untuk membuat slide halaman berikutnya langkah – langkahnya adalah :
8. Klik menu insert
9. Pilih dan klik New Slide
Lakukan langkah 8 dan 9 beberapa kali sehingga muncul beberapa slide baru di bawahnya. Setelah itu, lanjutkan ke langkah 10 untuk mengatur jenis tampilan, apakah ingin menggunakan bullet, gambar dan sebagainya.
10. Pilih dan klik salah satu tampilan yang diinginkan pada task pane
11. Ketik isinya.
Setelah selesai, simpan lembaran – lembaran slide presentasi dengan nama Presentasi-1, caranya :
12. Klik menu file
13. Pilih dan klik save
14. Ketik presentasi-1
15. Klik save
Pada title bar nama file menjadi Presentasi-1
Menu dan ikon pada Menu Bar terdiri dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai fungsi dari setiap menu
tersebut.
1. File
Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.
Fungsi Menu File :
1. File
Menu file berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman hingga menutup suatu dokumen yang kiti tool-tool yang terdapat dalam menu file fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu File.
Fungsi Menu File :
·
New
: Untuk membuat
lembar kerja baru
·
Open
: Untuk membuka file
dokumen yang pernah kita buat
·
Close
: Untuk menutup file yang
sudah sedang aktif
·
Save
: Untuk menyimpan file
yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan.
·
Save
as : Untuk menyimpan file
yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
·
Save
as Web Page : Untuk menyimpan file
yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru.
·
Search : Untuk mencari file atau nama file
·
Versions : Untuk menampilkan tanggal dan waktu
masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan.
·
Web
Page Preview : Untuk menampilkan
file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat
seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak.
·
Page
Setup : Untuk menentukan
margin dan ukuran kertas.
·
Print
Preview : Untuk melihat
tampilan dokumen sebelum dicetak
·
Print : Untuk mencetak dokumen yang kita buat
·
Send
to : Untuk mengirim
dokumen ke media lain seperti Microsoft Powerpoint
·
Properties : Untuk menampilakn informasi tentang dokumen
yang aktif
·
Exit Untuk : keluar dari program Microsoft Office
2. Edit
Menu Edit berfungsi untuk mengedit (melakukan perubahan dengan cara menambah, menghapus, memotong, menyalin, membatalkan, mengatur pemunculan objek, dan lain-lain. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu Edit.
Fungsi Menu Edit :
·
Undo : Untuk membatalkan perintah terakhir
·
Repeat : Untuk membatalkan Undo
·
Cut : Untuk memotong suatu objek seperti kata,
kalimat, gambar dan memasukkannya ke clipboard atau dokumen lain.
·
Copy : Untuk meng-copy atau menyalin suatu objek ke
dalam clipboard atau dokumen lain.
·
Office
Clipboard : Untuk mengatur
pemunculan objek dari clipboard
·
Paste : Untuk memunculkan suatu objek dari dalam
clipboard atau dokumen lain.
·
Paste
Special : Paste dengan kriteria
tertentu
·
Paste
as Hyperlink : Untuk memunculkan
objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau berada di tempat
yang berbeda.
·
Clear : Untuk menghapus format atau objek yang
dipilih.
·
Select
All : Untuk memilih/memberi
tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja
·
Find : untuk mencari mencari kata yang dikehendaki
·
Replace : untuk mengganti kata
·
Go
to : untuk berpindah
halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain.
·
Links : untuk membentuk hubungan
·
Object : untuk mengedit object
3. View
Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Fungsi Menu View :
·
Normal : untuk menampilkan tampilan layar yang normal
atau tampilan standar (default)
·
Web
Layout : untuk menampilkan
tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser.
·
Print
Layout : Untuk menampilkan
print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen kita ketika akan
mencetak.
·
Outline : untuk memindahkan tampilan editing dokumen
kita ke tampilan outline view, sehingga kita dapat memeriksa dan bekerja dengan
struktur file dokumen kita dalam bentuk outline klasik.
·
Task
Pane : untuk menampilkan
Task Pane
·
Toolbars : untuk menampilkan dan menyembunyikan
toolbar-toolbar yang dikehendaki
·
Ruler : untuk menampilkan dan
menyembunyikan/menghilangkan penggaris yang ada di atas area kerja
·
Document
Map : merupakan layar
vertikal yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan
letak/posisi dokumen kita sekarang.
·
Header
and Footer : untuk membuat header
dan footer
·
Footnotes : untuk membuat catatan kaki
·
Markup : untuk memunculkan atau menyembunyikan
komentar
·
Full
Screen : untuk menggunakan
tampilan layar menjadi tampilan penuh layar
·
Zoom : untuk memperbesar tampilan
4. Insert
Menu insert berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, simbol, diagram, file, objeck, dan sebagainya. Selain itu dapat digunakan untuk memberi nomor halaman pada dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu insert.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar